Pages

Friday, November 19, 2010

Céline Dion

Celine Dion
Celine Dion
Siapa yang tak kenal dirinya, seorang penyanyi yang mempunyai suara merdu. Dia adalah penyanyi legendaris, Celine Dion, atau Céline Marie Claudette Dion lahir di kota kecil bernama Charlemagne, Quebec, Kanada, 30 Maret 1968 (43 tahun). Dia adalah si bungsu dari 14 bersaudara dari pasangan Adhémar Dion dan Thérèse Tanguay, waw,, 14 euy,, jadi kesebelasan pun bisa. Wanita ini cukup tinggi dengan tercatat 171cm (tinggi dia daripada saya).
  • AWAL KARIER
Dia merupakan seorang penyanyi dan diva pop dunia. Pada masa kecilnya dia bernyanyi bersama adiknya di klub milik keluarganya sendiri. Tapi pada usia 12 tahun, dia berhasil menciptakan lagu pertamanya (La viox du bon Dieu) sendiri asli berbahasa Perancis dan mengirimkannya ke perusahaan rekaman dibawah bimbingan René Angelil, seorang manajer yang dihormati. Lagu tersebut menjadi album lokal nomor satu di Quebec. Kemudian René Angelil bertekad menjadikannya sebagai artis terkenal.

Popularitasnya semakin naik saat dia menjuarai Festival Lagu Populer Yamaha 1982 di Jepang kategori "Top Performer" dan "Best Song". Selanjutnya pada tahun 1983, dia menjadi artis pertama Kanada yang menerima penghargaan Gold di Perancis dengan singelnya D'amour ou d'amatie. Selanjutnya pada tahun 1988, dia kembali menjuarai ajang Kontes Lagu Eurovision di Swiss dan Irlandia. Hingga akhir 1980-an, Celine Dion telah merilis sebanyak 14 album dalam bahasa Perancis, 11 di Kanada 3 di Perancis. Namun dia tidak cukup dikenal di negara-negara berbahasa Inggris, kemudian dia bertekad menerobos dunia dengan belajar bahasa Inggris dan merubah penampilannya agar diterima di musik Internasional.
  • PUNCAK KESUKSESAN
Pada tahun 1990, dia meluncurkan album berbahasa Inggris untuk pertama kalinya, bertajuk Unison dengan dibantu Vito Luprano dan David Foster. Bim salabim, dia menjadi artis terkenal di berbagai benua, Amerika, Eropa, dan Asia. Dalam album ini terdapat singelnya berjudul Where Does My Beat Now, tak disangka lagu ini menjadi top 5 di tangga lagu Billboard Top 100 (hebaaatttt dah). Kemudian, dia juga berduet dengan Peabo Bryson dalam soundtrack Disney, Beauty and The Beast (1991). tahun inilah dia mencapai puncaknya, karena dengan lagu tersebut dia memenangkan Academy Awards kategori "Best Song" dan ajang Grammy Awards dalam kategori "Best Performance by a Duo or Group with Vocal".
Kemudian Celine Dion merilis album berikutnya bertajuk "Celine Dion" pada tahun 1992, album ini memuat singel If You Asked Me To dan mencapai posisi 4 Billboard Top 100. Album ini mendapat penghargaan dan mengantarkan Celine Dion ke penyanyi terkenal di seluruh dunia. Tapi ada satu kejadian saat ia menolak penghargaan saat Felix Awards kategori "English Artist of the Year", alasannya adalah bahwa dia seorang artis Perancis dan selamanya akan menjadi Artis Perancis (siipp dah pokoknya,,,).
Pada tahun berikutnya (1993), Celine Dion merilis album "The Colour of My Life" yang menjadi album top di seluruh dunia. Album ini melahirkan singel-singel nomor 1 Celine, The Power of Love (Amerika, Kanada, Australia) Think Twice  (Britania Raya) dan To Love You More (Jepang). Luar biasa, album ini terjual lebih dari 20 juta keping di seluruh dunia, kemudian dia mendapat penghargaan World's Best-selling Canadian Female Recording Artist of the Year pada World Music Awards tahun 1996.
Dan tahun 1996, dia meluncurkan album "Falling into You", album ini merupakan album terlaris didunia dengan penjualan lebih dari 32 juta keping dan memenangkan 2 kategori Grammy Awards, yaitu "Best POP Album" dan "Album of the Year". Tahun berikutnya, 1997 dia meluncurkan album "Let's Talk About Love", album ini terjual lebih dari 31 juta kopi di seluruh dunia, dan lebih dari 1 juta kopi di Kanada, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Britania Raya, dan Amerika Serikat. Dalam album ini terdapat lagu yang mungkin akan dikenang sepanjang masa, yaitu My Heart Will Go On yang menjadi soundtrak film Titanic. Dengan lagu ini, dia dapat memenangkan 2 Grammy Awards kategori "Best Female POP Vocal Performance" dan "Record of the Year".
Pada tahun 1998, dia tampil dalam acara VH1, dan tahun tersebut, dia mendapat 2 penghargaan tertinggi asal negaranya: "Officer of the Order of Canada for Outstanding Contribution to the World of Contemporery Music" dan "Officer of the National Order of Quebec". Gilaa,, penghargaannya banyak banget ya,, daftar presiden aja kali,,,...
  • ISTIRAHAT
Hingga akhir 1990-an, dia sudah menjual lebih dari 100 juta album di seluruh dunia, kemudian dia memutuskan istirahat dalam dunia hiburan untuk meluangkan waktu bagi keluarga dan suaminya yang didiagnosa mengidap kanker tenggorokan. Siapa suaminya, dari atas belum saya singgung???? hehe,, suaminya adalah manajernya sendiri René Angelil yang menikah pada Desember 1994 dan diperbaharui tanggal 5 Januari 2000. Padahal umur mereka terpaut 26 tahun, hebat ga kawan?? dapet brondong,,, hahaha,,. Tapi bahagianya dia, saat dia melahirkan anak pertamanya pada 5 Januari 2001 bernama René-Charles Angelil.
Di tahun 2004, dia tercatat telah berhasil menjual lebih 175 juta di seluruh dunia. Tapi pada tahun 2007, Sony BMG mengumumkan bahwa total penjualan album Celine Dion lebih dari 200 juta keping di seluruh dunia, pada tahun ini juga, dia merilis album Taking Chances (berbahasa Inggris) dan D'elles (berbahasa Perancis). Majalah Cove menempatkan Celine Dion diposisi 4 dalam daftar 100 vokalis pop terkemuka.

Huah,,,, sudah cukup banyak nih saya menuangkan ilmu yang saya dapat, tapi ini masih belum seberapa, masih ada banyak lagi, tapi saya akan selalu update beritanya. Jadi selalu stay on http://gudangprofil.blogspot.com/
kunjungi juga situs resmi Celine Dion http://www.celinedion.com/

Sumber: Wikipedia dan imdb

2 comments:

Unknown said...

nice inpoh dear,

jangan lupa mampir di MAJALAH DIGITAL GRATIS "KHUSUS CELINE DION",
bisa dibuka pake gadget apa aja kok dan gratis.
langsung aja KLIK JUDULNYA BUAT langsung baca majalahnya
MAJALAH KHUSUS CELINE DION

Unknown said...

nice inpoh dear,

jangan lupa mampir di MAJALAH DIGITAL GRATIS "KHUSUS CELINE DION",
bisa dibuka pake gadget apa aja kok dan gratis.
langsung aja KLIK JUDULNYA BUAT langsung baca majalahnya
MAJALAH KHUSUS CELINE DION