Pages

Monday, December 27, 2010

Stephenie Meyer

Stephenie Meyer (2009)
Stephenie Meyer
Tahukah anda, siapa dia? dia adalah penulis yang sedang banyak dibicarakan orang di seluruh dunia, Stephenie Meyer. Seorang penulis Amerika yang lahir pada 24 Desember 1973 di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat. Lahir dari pasangan Stephen dan Candy Morgan, sebenarnya namanya adalah Stephenie Morgan he..he.. gak tahu kenapa jadi Stephenie Meyer. Dia terkenal dengan karyanya The Twilight Series, selain itu ada juga karyanya The Host, The Soul, The Seeker, dan mungkin masih banyak yang akan datang.

Dia dibesarkan di Phoenix, Arizona, beserta 5 saudara kandungnya, yakni: Seth, Emily, Jacob, Paul, dan Heidi. Dia meniti ilmu SMA di Chaparal High School, Scottdale, Arizona. Kemudian melanjutkan kuliah di Brigham Young University, Provo, Utah atau sereing disebut BYU. Di Universitas itulah Stephenie Meyer mendapatkan gelar sarjananya BA dalam bahasa Inggris pada tahun1997. Meyer bertemu dengan jodohnya Christiaan atau "Pancho" saat tumbuh di Arizona. Kemudian mereka berdua menikah pada tahun 1994, nikah muda euy.. Pasangan ini mendapat karunia 3 anak, yaitu: Gabe, Seth, dan Eli. Christiaan merupakan mantan auditor, karena sekarang pensiun untuk mengurus anak-anaknya.

Meyer adalah anggota dari The Cruch of Jesus Christ of Latter-day Saints dan Meyer tidak merokok maupun minum alkohol. Sebelum menjadi penulis, Meyer adalah seorang resepsionis di sebuah perusahaan properti. Saat ini, Meyer tinggal di Gua Creek, Arizona, dan Meyer juga mempunyai sebuah rumah di Marrowstone Island, Washington.

Inspirasi menulis Twilight adalah sebuah mimpinya tentang seorang gadis ang jatuh cinta pada seorang vampir, jadilah cerita Twilight. Mimpinya itu membuat dia seperti sekarang ini, katanya mimpi itu datang pada tahun 2003 tepatnya 2 Juni 2003. Hanya dalam 3 bulan sebuah mimpi ia sulap menjadi sebuah novel lengkap, dahsyat bener.. padahal tujuannya untuk dia sendiri,, he..he.. Namun Meyer dibujuk adiknya untuk mengirimkan karyanya ke lembaga sastra. Kemudian Meyer mengirimkan 15 surat, 9 penolakan dibawa pulang, 5 tidak dijawab, dan 1 ditanggapi positif. Namun apa yang terjadi? pada tahun 2003, 8 penerbit berebut dalam pelelangan buku karya Meyer tersebut, mantap,,. Selanjutnya Meyer menandatangani kesepakatan dengan Little, Brown and Company dengan $ 750,000.

Pada tahun 2005, terbitlah buku tersebut dengan menghasilkan 75.000 eksemplar. Menabjubkan, dalam 1 bulan setelah dirilis, buku ini menjadi #5 di New York Times Bestseller, dan kemudian naik menjadi #1, dan dijual di lebih dari 26 negara. Karena Keberhasilan Twilight (2005), disusullah seri berikutnya, New Moon (2006), Eclipse (2007), dan Breaking Down (2008), dan dalam 2 minggu pertama sudah menjadi #1. Pada tahun 2008, empat buku Meyer memantapkan posisi empat teratas dalam daftar buku terlaris USA Todays, membuat Meyer menjadi penulis buku terlaris tahun ini.

Tak hanya menjadi Bestseller, buku Meyer juga diadaptasi menjadi sebuah film oleh Summit Entertanimnet pada April 2007. Film ini dirilis pada tahun 2008 dengan sutradara Catherine Hardwicke, penulis naskah Melissa Rosenberg dan dikenal dengan nama The Twilight Saga Series, meliputi: Twilight, The Twilight Saga: New Moon, The Twilight Saga: Eclipse, dan The Twilight Saga: Breaking Down part I dan part II. Dalam pembuatan karya-karyanya, Meyer mengutip banyak novel untuk inspirasinya seperti: Jane Eyre karya Charlotte Brontë dan Anne of Green Gables karya LM Montgomery. Meyer juga mengatakan bahwa tulisannya juga dipengaruhi oleh musik, dan musik yang ada di playlistnya adalah Muse, My Chemical Romance, Coldplay, Linkin Park, dan Blue October.

Mau tand tangan Stephenie Meyer?? ya minta dong,, nih contohnya:

Yaa namanya inspirasi boleh dari mana aja dong,, he..he.. thanks for all.. semoga menambah ilmu kita.

Sumber: Wikipedia

2 comments:

xplore4life said...

Nice blog. Great look. Thanks

Gudang Profil said...

okey,, thanks,,

i like it.