Pages

Friday, December 24, 2010

Google Inc.

Google Inc.
Sebuah nama yang tak asing di telinga bagi interneter, tapi bukan mahluk asing yaa. Google merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat yang bergerak sebagai mesin pencari dalam internet maupun iklan online. Jenis dari perusahaan ini meliputi NASDAQ: GOOG dan LSE: GGA.

Perusahaan ini didirikan oleh 2 orang mahasiswa di Stanford University, yaitu Lawrence E. Page dan Sergey M. Brin. Tak tanggung-tanggung, perusahaan ini didirikan pada tahun 1998, tepatnya 4 September 1998 dengan biaya mereka berdua. Selain itu, saat perusahaan ini didirikan, Lawrence E. Page dan Sergey M. Brin belum lulus, jadi belum lulus kuliah dengan menyandang PhD sudah menjadi pemilik perusahaan. Melalui pengembangan produk, perusahaan ini memperluas bisnis pencarian dan iklan termasuk email, tukar video, blog dan mash banyak lagi.

Awalnya, perusahaan ini bermarkas di Menlo Park, California bukan Balifornia he..he.. namun pada tahun 2006 perusahaan ini pindah ke Mountain View, masih California. Untuk sampai saat ini, perusahaan ini mempunyai karyawan sebanyak 20.621 (pada tahun 2010) mantap kan??. Selain Lawrence dan Sergey, tokoh yang berpengaruh terhadap Google adalah Eric E. Schimdt, beliau merupakan pimpinan dan CEO Google Inc. serta menjadi Dewan Direktur di Apple Inc. Kemudian Lawrence E. Page menjadi Persiden Produk, lalu Sergey M. Brin menjadi Presiden Teknologi.

Sebelumnya saya akan memberitahukan bahwa dulu Google menghabiskan U$ 100,000 untuk pendanaan pertama. Uang tersebut ialah kontribusi dari Andy Bechtolsheim yang merupakan pendiri Sun Microsystems. Ingin tahu tampilan Google saat 1998??? nih saya kasih,,,
Tampilan Google saat 1998

Server pertama Google
Keren kan?? iya dong.. ilmuya mahal.. he..he.. Google sendiri memperoleh keuntungan dari program periklanan. Pada tahun 2007, Google menjadi Search Engine yang paling banyak digunakan dengan 53,6% disusul Yahoo! 19,9% dan Live Search 12,9%. Tahun 2004, Google meluncurkan layanan email gratisnya Gmail. Sleain itu masih banyak layanan dan program dari Google, misal Google Maps, Google Earth, Google Video (tidak gratis sejak 2007), Google Translate, Google News, Google AdSense, Google Checkout, dan masih banyak lagi.

Google juga dikenal dengan etos kerja yang santai, sebagai contoh pronsip yang dipakai Google: "Don't be evil", "Anda dapat menghasilkan uang tanpa melakukan vandal", "Anda dapat bekerja serius tanpa mengenakan seragam", dan "Bekerja seharusnya menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan". Tahukah gaji pemilik Google??? pada tahun 2004, Schimdt digaji U$250,000 per tahun serta Larry dan Sergey masing-masing U$150,000 per tahun.

Itu tahun 2004,, sekarang??? Google dari tahun ke tahun mengalami kemajuan yang sangat pesat, dan tampilan layout Google pun selalu berganti sesuai suasana, seperti tahun baru, ulang tahun tokoh dunia, hari penting, hari raya, dll. Dan kenapa huruf Google berwarna warni?? ini menunjukkan bahwa Google merupakan perusahaan yang menyenangkan dan ramah.

So,, semoga menambah pengetahuan anda...


Sumber: Wikipedia

0 comments: